Berbagi Kasih Bareng Pemuda Klasis Jakarta

“..Anak-anakku,  marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran”. Yohanes 3:18 

Akhir Februari lalu, tepatnya di hari sabtu tanggal 24, 2018, Pemuda dan Remaja klasis Jakarta berkunjung ke Yayasan Rawinala, sebuah badan sosial yang bertempat di  kawasan Inerbang nomor 38 Kelurahan Batu Ampar,  Kramat Jati Jakarta Timur.

Disana, sekolah dan asrama menyatu, membangun misi, agar kehidupan anak penyandang disabilitas ganda netra ini, dapat hidup berkualitas sesuai potensi masing-masing.

Di atas bangunan sederhana tersebut para disabilitas ganda netra mendapat pendidikan dan pengajaran dengan materi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Yayasan yang berdiri sejak tahun 1973 ini fokus melayani kebutuhan pendidikan penyandang disabilitas ganda netra. Namun selain itu, mereka yang tidak hanya memiliki kekurangan dalam penglihatan, namun memiliki hambatan yang berbeda-beda, sepeti buta-tuli, retardasi mental, fisik, autis dan lain sebagainya juga diberi pendidikan disini.

Kondisi yang sulit untuk diterima di sekolah luar biasa lainnya, karena mengalami kesulitan ganda. Inilah yang mendorong YPDR hadir untuk menjadikan mereka berarti.

Kehadiran komisi pemuda remaja dalam acara ‘love in action’ menciptakan rasa kebersamaan dan keceriaan pada hari itu. Pemuda dan remaja berbaur menjadi satu dalam ibadah dan persembahan pujian.

Firman yang dibawakan oleh bapak pendeta Adhi melengkapi kegiatan hari itu. Menjalin kebersamaan bersama saudara dengan  penyandang disabilitas menjadi sebuah pengalaman berharga untuk para pemuda menghargai dan mensyukuri kasih Tuhan.

Selain itu, kemandirian mereka juga menjadi contoh nyata bahwa keterbatasan bukan alasan bagi kita semua untuk menyerah dan pasrah.

Kegiatan akhirnya ditutup dengan pembagian kebutuhan pokok dan alat pendidikan.

Love in action dari pemuda dan remaja semoga menjadi trigger bagi kita semua untuk mulai peduli terhadap sesama.

Bravo Kopersis Jakarta!

(Nk)

nk Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *