Menjadi Guru Yang Melayani Bersama GSM GKP se-Klasis Jakarta

Para Pengajar Sekolah Minggu dari Jemaat Klasis GKP seJakarta.

Sabtu 21 September lalu, Komisi Pelayanan Anak GKP Klasis Jakarta mengadakan kegiatan pembinaan dan kebersamaan dengan para pengajar sekolah minggu se GKP Klasis Wilayah Jakarta. Tema yang diambil adalah “Guru Yang Melayani”, mengacu berdasarkan Efesus 2:10.

Latar belakang diadakannya pembinaan ini adalah perhatian dari Komisi Pelayanan Anak GKP Klasis Jakarta akan isu di jemaat. Cukup banyak pengajar yang kurang memiliki komitmen dalam pelayanan anak dan kurangnya persiapan pelayanan sekolah minggu sehingga isinya terasa monoton dan kurang menarik.

Dengan semangat tersebut, kegiatan ini menjadi ajang pertemuan para pengajar dan juga menjadi wadah saling berbagi pengalaman para pengajar anak di jemaat masing-masing.

Bertempat di ruang sekolah minggu GKP Rehoboth, Jatinegara, kegiatan dimulai pukul 09.00 wib. Para pengajar mulai berdatangan dan sedikit demi sedikit memenuhi ruangan.

Pemandangan menarik adalah melihat para pengajar yang hadir didominasi oleh kaum muda yang masih penuh energi. Hal yang tentunya menjadi sesuai dengan tipikal anak-anak yang memang aktif dan enerjik.

Komisi Pelayanan Anak Klasis GKP Wilayah Jakarta

Acara diawali oleh permainan untuk mencairkan suasana yang dipimpin oleh kak Vika dari GKP Cibubur. Lalu dilanjutkan dengan pembinaan yang dibawakan oleh Bapak Pendeta Thomas Raharjo yang membahas tentang spiritualitas pengajar anak dan membangun komitmen pelayanan di jemaat masing-masing.

Ice Breaking Bersama Kak Vika

Secara tersirat, materi pembinaan mencoba mengingatkan kembali nilai penting dari kesungguhan dalam mengajar. Selain itu, para pengajar juga didorong untuk menyampaikan cerita sesuai dengan kategori usia. Hal tersebut berguna agar pendekatan teologis yang digunakan dapat sesuai pola pikir dan daya tangkap anak.

Hal yang tidak kalah penting adalah kreatifitas yang perlu diasah agar dimiliki oleh para pengajar. Seorang pengajar diharapkan dapat memiliki kemampuan lebih daripada hanya menjadi seorang pembimbing anak biasa.

Acara juga diisi dengan hal yang menarik ketika para pengajar bergantian menyimulasikan cara mengajar mereka kepada anak-anak. Satu sama lain saling memberikan inspirasi dan jadi belajar lebih baik lagi.

Membuat Kreasi Boneka Tangan
Penyematan Pin GSM Pendeta Raharjo kepada Pengajar Sekolah Minggu

Kegiatan hari itu ditutup dengan pembuatan boneka tangan oleh para pengajar dari masing-masing jemaat dan juga penyematan pin GSM yang akan digunakan pada saat pertukaran pengajar sekolah minggu seklasis GKP wilayah Jakarta. Dan sore itu masing-masing pengajar kembali ke jemaatnya tidak hanya sekadar merasakan kebersamaan, tetapi juga mendapatkan pengetahuan tambahan tentang menjadi guru yang melayani.

admin-mik Author

Comments

    Thomas Raharjo

    (27/09/2019 - 14:39)

    GSM se klasis Jakarta membangun kualitas, solusi dan integritas pelayanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *