Peduli Kanker, Peduli Perempuan

Setiap tahun pada 4 Februari, masyarakat internasional memperingati Hari Kanker Sedunia. Tema untuk Hari Kanker Sedunia 2020 kali ini adalah “I Am And I Will”.

Tema itu merupakan ajakan untuk bertindak yang mendesak orang-orang untuk membuat komitmen pribadi dan mewakili kekuatan tindakan individu yang diambil sekarang untuk memengaruhi masa depan.

Hari Kanker Sedunia sendiri berawal pada tahun 2000 di KTT Dunia Pertama melawan Kanker yang diadakan di Paris.


Pada pertemuan ini, para pemimpin lembaga pemerintah dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Against Cancer, sebuah dokumen yang berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen global koperasi.

Artikel tersebut berisi hal terkait untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, untuk investasi berkelanjutan dalam dan kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker.

Saat ini kanker payudara menjadi jenis kanker yang sangat menakutkan bagi perempuan Indonesia. Kanker payudara cenderung berdampak pada wanita yang memasuki usia senja di atas 50 tahun. Terdapat 8 sampai 10 kasus kanker payudara terjadi pada wanita di usia ini. Ada beberapa faktor pemicu munculnya kanker payudara pada wanita.

Selain disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan, kebiasaan gaya hidup sehari-hari menjadi momok munculnya kanker payudara. Saat ini tidak ada pengetahuan yang cukup tentang penyebab kanker payudara, karena itu kesadaran deteksi dini merupakan salah satu cara pengendalian kanker payudara. Ketika kanker payudara terdeteksi dini dan diagnosis serta pengobatan yang memadai tersedia, maka akan ada kesempatan bahwa kanker payudara dapat disembuhkan.

Ancaman kanker di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat. Menurut Organisasi Penanggulangan Kanker Dunia dan Badan Kesehatan Dunia, diperkirakan terjadi peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada tahun 2030, dan mayoritas terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Menurut data Departemen Kesehatan, saat ini terdapat 1 pengidap kanker di Indonesia di antara 1.000 penduduk dan diestimasikan terdapat 200.000 pasien baru kanker per tahun.

Walaupun bulan peduli kanker payudara jatuh di oktober, menyadari hal tersebut, Komisi Pelayanan Perempuan merasa penting untuk turut serta dalam memberi pengetahuan dan penyuluhan prihal permasalahan ini.

Pada tanggal 8 Februari 2020 akan diadakan kegiatan penyuluhan dan juga talkshow mengenai Kanker Payudara bertempat di gedung gereja POUK Immanuel Kopassus Cijantung.

Acara akan dimulai pukul 09.00 wib yang diawali dengan pemeriksaan gratis oleh Nutrimax yang akan dilanjutkan dengan ibadah singkat bersama Pendeta Pdt. Riduan PM. Sihombing, SH. S.Si.

Kegiatan akan menuju pada talkshow : “Penyuluhan dan Pencegahan Kanker Payudara” dengan nara sumber dr Grace L Siahaya.

Mari hadir dan dapatkan manfaat dari kegiatan ini.

Tuhan Yesus Memberkati kita semua.


nk Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *