Pesparawi Anak dan Benih Sportivitas

Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Anak Klasis GKP wilayah Jakarta dalam rangka syukur 84 tahun penyertaan Tuhan untuk Gereja Kristen Pasundan telah usai. Euforia kemenangan mereka yang mendapat anugerah juara pun sudah memudar. Namun cerita tentang kegiatan ini masih menjadi sesuatu yang patut diperbincangkan.

 

RATUSAN orang hadir dalam pesparawi anak dalam rangka HUT ke-84 GKP yang diselenggarakan oleh Klasis GKP Wilayah Jakarta, 10 November 2018 di GKP Jemaat Rehoboth Jatinegara. Sepuluh dari 12 anggota jemaat Klasis GKP wilayah Jakarta mengirimkan wakil paduan suaranya di pesparawi anak dalam rangka HUT ke-84 GKP.

Keceriaan mengemuka ketika acara dimulai. Warna-warni kostum dan hasrat penuh semangat terpancar dari wajah anak-anak yang mendominasi isi didalam ruangan gereja. Suasana yang begitu cair membuat aura kompetisi menjadi tidak terasa. Acara menjadi seperti ibadah anak bersama GKP Klasis wilayah Jakarta. Kebersamaan dan ketulusan untuk bersama memuji serta beribadah memberikan energi positif ke tiap sudut ruangan.

 

Penampilan Peserta

Sesuai undian, tiap peserta mendapat urutan tampil yang dibagi menjadi dua, yaitu sebelum makan siang dan setelah makan siang. Kesimpulan secara keseluruhan, sepanjang penampilan dari seluruh peserta, tiap tim paduan suara berhasil memberikan warna berbeda. Ada rasa kagum, lucu, bangga, dan haru ketika menyaksikan paduan suara anak dari tiap jemaat bernyanyi. Yang patut menjadi sorotan adalah ketika para penonton begitu mengapresiasi setiap penampil. Hal yang juga diungkapkan oleh Ibu Michelle sebagai salah satu juri. Semangat spotivitas antar jemaat terus terjaga bahkan hingga acara berakhir.

Momen paling menarik adalah ketika melihat ratusan anak berdiri di depan jemaat untuk bernyanyi bersama. Terlihat jelas, GKP memiliki harapan dan masa depan yang cerah dalam diri mereka semua. Anak-anak yang akan menjadi generasi selanjutnya dalam meneruskan eksistensi GKP di Jawa bagian barat hingga dunia.

Pengumuman juara dari juri melalui Bapak Arnoldus Isaak Apituley menjadi puncak kemeriahan acara pesparawi anak 2018. Paduan suara anak GKP Jemaat Rehoboth Jatinegara sebagai tuan rumah berhasil menjadi yang terbaik pertama, disusul oleh GKP Jemaat Tanjung Barat di tempat kedua, lalu GKP Jemaat Kramat di tempat ketiga.

Pesparawi anak patut menjadi model kompetisi yang sehat dan jauh dari nilai persaingan yang saling menjatuhkan yang lain atau meninggikan diri. Bagaimana penghargaan antar peserta hingga ketulusan anak-anak dalam memberikan pujian menjadi sebuah benih sportivitas yang perlu terus dipupuk sehingga melahirkan jiwa-jiwa yang tangguh.

Tidak tinggi hati dalam kemenangan, tak menjadi rendah diri dalam kekalahan. Karena pada akhirnya, semua hanya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Tetaplah memuji Tuhan di sepanjang kehidupan kita wahai para generasi pasundan.

Hasil Lengkap Pesparawi Anak 2018

Juara 1 poin: 82.5 no.urut 4 GKP Rehoboth Jatinegara
Juara 2 poin: 81.33 no.urut 7 GKP Tanjung barat
Juara 3 poin: 80.33 no.urut 9 GKP Kramat
Harapan 1 poin: 75.83 no.urut 3 GKP Ebenhaezer Cawang
Harapan 2 poin: 73.5 no.urut 5 GKP Kampung tengah
Harapan 3 poin: 72.33 no.urut 2 POUK Immanuel Cijantung.

Partisipan lainnya:

GKP Effatha Cakung
GKP Tanah Tinggi
GKP Tangerang
GKP Rangkasbitung

Persembahan pujian
GKP Tanjung Priok

Juri1 : Arnoldus Isaak Apituley
Juri 2 : Michelle C. Hetharia
Juri 3 : Pdt. T. Adama Sihite

 

(Nk)

 

 

nk Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *